Laman

Minggu, 18 April 2010

komunikasi bisnis

TUGAS TERSTRUKTUR
MATA KULIAH : KOMUNIKASI BISNIS
DOSEN PEMBINA : KUSTIAWATI NINGSIH, SP
DESKRIPSI TUGAS : TUGAS DIKERJAKAN PER ORANG DAN DIBUAT MAKALAH

1. USROTUL AZIZAH
Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya Anda tak dapat lepas dari proses komunikasi. Ambillah salah satu bentuk komunikasi yang pernah Anda alami, dan lakukan identifikasi mulai dari identifikasi pengirim dan penyampai pesan, saluran komunikasi yang digunakan, penerima pesan, umpan balik (feedback). Disamping itu, identifikasikan juga berbagai hambatan atau gangguan yang muncul dalam komunikasi tersebut.
2. NUR AINI
Dalam suatu percakapan dengan lima orang. Coba perhatikan jenis feedback yang Anda terima dari kelima orang teman Anda. Apakah metode yang mereka gunakan berbeda antara yang satu dengan yang lain? Apakah feedback yang Anda terima dari mereka berpengaruh terhadap jalannya komunikasi tersebut?apakah ada sesuatu yang bermanfaat bagi Anda?
3. ROIDATUL FARIZ
Dalam pergaulan sehari-hari, ada yang berpendapat bahwa komunikasi dengan sesama jenis akan berjalan lebih lancar bila dibandingkan dengan lawan jenis, namun ada juga yang berpendapat komunikasi dengan lawan jenis akan lebih hidup daripada dengan sesama jenis. Bagaimana menurut pendapat Anda, jelaskan!
4. JAUHARAH
Coba Anda pikirkan bila seandainya Anda memiliki beberapa macam kelompok yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Apa peran komunikasi dalam menetapkan keanggotaan untuk masing-masing kelompok tersebut?
5. DONA ANDRI YANTO
Menurut Anda, mana yang lebih penting komunikasi dari atas ke bawah atau komunikasi dari bawah ke atas? Jelaskan alasan Anda!
6. BAIDHAWI
Apabila Anda adalah seorang manajer suatu perusahaan, apa tindakan yang akan Anda lakukan jika Anda menemukan bahwa karyawan Anda yang lebih banyak membicarakan hal-hal di luar tugas ketimbang melakukan tugas-tugas utamanya pada jam-jam kerja?
7. ELLY SUFIYATI
Beberapa tahun yang silam di kota Pamekasan pernah beredar isu bakso yang mengandung boraks sebagai salah satu bahan dasarnya. Hal tersebut sempat membuat resah kalangan konsumen bakso maupun para penjual bakso yang merasa bakso yang dihasilkannya tidak menggunakan boraks. Untuk mengatasi krisis yang terjadi tersebut, komunikasi menjadi sangat penting artinya. Seandainya Anda adalah penjual bakso yang tidak menggunakan boraks, langkah-langkah apa yang akan Anda ambil untuk mengatasi krisis tersebut?jelaskan!
8. SADINEM
Berita tentang terjadinya makanan dan minuman kadaluarsa di suatu daerah beberapa tahun yang lalu sempat menimbulkan keresahan masyarakat di tanah air tercinta ini. Korban dari makanan dan minuman kadularsa ini banyak bermunculan, seperti terjadinya korban yang banyak masuk rumah sakit. Begitu pula halnya kerugian material perusahaan karena berita tersebut membawa dampak yang luar biasa terhadap produk-produk makanan dan minuman berbagai merek di tanah air. Volume penjualan makanan dan minuman dari hari ke hari mengalami penurunan yang cukup drastis. Nah, seandainya Anda adalah pemilik perusahaan makanan dan minuman yang bermasalah tersebut, apa yang perlu Anda lakukan untuk meredam gejolak masyarakat?
9. BADRUD TAMAM
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat untuk meminta keterangan apakah bulan depan akan digelar pesta diskon untuk produk-produk elektronik”

10. ABD. JAMIL
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat dari seorang alumni Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis Universitas Islam Madura Pamekasan ”
11. MOH. MOLYADI
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat Pemberitahuan kepada salah seorang pemenang sayembara berhadiah sebagai mobil mewah ”
12. IMAM MUHLIS
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat penolakan yang ditujukan untuk salah seorang pelamar kerja di suatu perusahaan”
13. JAZULI
Perusahaan yang bergerak di bidang usaha makanan ringan seperti snack dan sejenisnya akhir-akhir ini cukup menjamur di pasar. Berbagai macam merk dan jenis produk snack beredar di toko-toko eceran, yang sebagian konsumennya adalah anak-anak sekolah dasar. Namun, sangat disayangkan kebanyakan makanan ringan tersebut kurang mengindahkan faktor kesehatan si anak, terutama terlihat dalam penggunaan zat-zat pewarna atau pemanis tiruan yang berlebihan. Melihat hal tersebut, para orang tua merasa cemas dan mencoba membuat surat pengaduan kepada perusahaan yang memproduksi jenis makanan tersebut. Namun surat pengaduan mereka ternyata tidak memperoleh tanggapan dari pihak perusahaan. Menurut Anda, mengapa surat pengaduan tersebut tidak memperoleh tanggapan dari pihak perusahaan?



14. FEBRIADI
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat pemberitahuan berita musibah tenggelamnya kapal Fery Jokotole kepada para sanak saudara”
15. SUBAIDI
Seorang konsumen mengirim surat permintaan informasi kepada suatu perusahaan. Ia sangat tertarik terhadap suatu produk yang baru saja diiklankan dalam sebuah majalah ternama di ibukota. Dalam menjawab atau balasan surat permintaan informasi tersebut, lebih tepat dalam bentuk surat atau lisan (personal) ?mengapa?
16. MOH. SYAFI’
Seorang alumni suatu perguruan tinggi ingin melamar suatu pekerjaan. Salah satu persyaratannya adalah surat rekomendasi paling tidak 3 buah. Ia memiliki kemampuan akademis maupun keterampilan berorganisasi yang pas-pasan, dalam arti tidak terlalu menonjol. Ia satu-satunya anak yang sangat diharapkan oleh keluarganya untuk menjadi tulang punggung keluarga, setelah ayahnya tiada. Sebagai seorang yang diminta memberikan surat rekomendasi, apa yang dapat Anda lakukan terhadap kasus tersebut?
17. A. FAUZI
Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 10 Januari 2010, Roni sebagai pelanggan setia Raganata Store memesan Jaket kepada Raganata Sore melalui telepon. Adapun jenis jaket yang dipesan adalah jaket kulit warna hitam dengan ukuran L. Setelah pesanan tersebut sampai ternyata terdapat kesalahan yang cukup fatal. Jaket kulit yang dipesan adalah jaket kulit warna hitam, namun ternyata setelah pesanan tersebut tiba, jaketnya warna coklat. Disamping itu, ukuran jaket yang dipesan juga tidak sebagaimana yang dipesan, seharusnya ukuran L, ternyata yang dikirim ukuran M. Atas dasar informasi tersebut, buatlah surat aduan kepada Raganata Store tersebut.

Selasa, 13 April 2010

komunikasi bisnis

PENULISAN PESAN-PESAN RUTIN, GOOD NEWS DAN GOODWILL
A. PERENCANAAN PESAN-PESAN POSITIF
MENCAKUP :
 IDE POKOK
 PENJELASAN RINCI
 PENUTUP
B. CARA MENULIS JAWABAN POSITIF
1. SURAT KONFIRMASI PESANAN
UNTUK MEMBERITAHUKAN BAHWA PESANAN TELAH DITERIMA.
2. CARA MENJAWAB PERMINTAAN INFORMASI
 PENJUALAN POTENSIAL
ADA 3 TUJUAN UTAMA :
1. MEMBERI TANGGAPAN TERHADAP SEMUA PERMINTAAN ATAU MENJAWAB SEMUA PERTANYAAN.
2. MENDORONG PENJUALAN YANG AKAN DATANG.
3. MEMBERI KESAN YANG BAIK KEPADA PEMBACA.
 TIDAK ADA PENJUALAN
ADA 2 TUJUAN :
1. MENJAWAB SEMUA PERTANYAAN DENGAN JUJUR DAN LENGKAP.
2. MEMBERIKAN KESAN YANG MENYENANGKAN TERHADAP PERUSAHAAN ANDA ATAU TERHADAP HUBUNGAN KERJA DENGAN PERUSAHAAN.

BENTUK-BENTUK INFORMASI POSITIF
 SURAT REKOMENDASI
 SURAT PEMBERITAHUAN DITERIMA LAMARAN KERJA.

manajemen sdm

BAB 4. PENGUJIAN DAN PENYELEKSIAN KARYAWAN
 MENGAPA PROSES SELEKSI ITU PENTING
A. KINERJA
B. BIAYA
 KONSEP PENGUJIAN DASAR
1. KEABSAHAN
A. KEABSAHAN TES : KECERMATAN YANG DENGANNYA SEBUAH TES, WAWANCARA, DAN LAIN-LAIN MENGUKUR APA YANG MAU DIUKUR ATAU MEMENUHI FUNGSI YANG DIRANCANG UNTUK DIISI.
B. KEABSAHAN KRITERIA : SATU JENIS KEABSAHAN YANG DIDASARKAN PADA MEMPERLIHATKAN BAHWA SKOR PADA TES (PERAMAL) BERKAITAN DENGAN KINERJA JABATAN (KRITERIA).
C. KEABSAHAN MUATAN : SEBUAH TES YANG MEMUAT SAMPEL YANG ADIL DARI TUGAS-TUGAS DAN KETERAMPILAN YANG SESUNGGUHNYA DIBUTUHKAN UNTUK JABATAN YANG DIPERTANYAKAN.
2. KEHANDALAN
ADALAH KARAKTERISTIK YANG MERUJUK KEPADA KONSISTENSI DARI SKOR YANG DICAPAI OLEH ORANG YANG SAMA KETIKA DIUJI ULANG DENGAN TES YANG IDENTIK ATAU EKUIVALEN.
JENIS-JENIS TES
 TES KEMAMPUAN KOGNITIF
MELIPUTI TES-TES DARI KEMAMPUAN PENALARAN UMUM (INTELIGENS) ATAU IQ DAN TES-TES ATAS KEMAMPUAN MENTAL SPESIFIK SEPERTI INGATAN (MEMORI) DAN PENALARAN INDUKTIF ATAU TES KECERDASAN.
 TES KEMAMPUAN MOTORIK DAN FISIK
TES KEMAMPUAN MOTORIK MELIPUTI KECEKATAN JARI, KECEKATAN TANGAN, KECEPATAN GERAKAN LENGAN DAN WAKTU REAKSI.
TES FISIK MELIPUTI KEKUATAN STATIK (ANGKAT BERAT), KEKUATAN DINAMIK (MENCABUT), KOORDINASI TUBUH (SEPERTI LOMPAT TALI) DAN STAMINA.
 MENGUKUR MINAT DAN KEPRIBADIAN
TES KEPRIBADIAN DAPAT MENGUKUR ASPEK DASAR DARI KEPRIBADIAN SEORANG PELAMAR SEPERTI INTROVERSI, STABILITAS, DAN MOTIVASI.
 TES PRESTASI
TES PRESTASI PADA DASARNYA MENGUKUR PENGETAHUAN PEKERJAAN DI BIDANG-BIDANG SEPERTI EKONOMI, PEMASARAN ATAU PERSONIL.
SAMPEL DAN SIMULASI KERJA
 SAMPEL KERJA ADALAH TUGAS-TUGAS JABATAN SESUNGGUHNYA YANG DIGUNAKAN DALAM TESTING KINERJA PELAMAR.
 TEKNIK PENSAMPELAN KERJA : SEBUAH METODE TESTING YANG BERDASARKAN PADA PENGUKURAN KINERJA BERDASARKAN TUGAS-TUGAS JABATAN BASIS YANG SESUNGGUHNYA.
 PUSAT PENILAIAN MANAJEMEN
SUATU SITUASI YANG PADANYA CALON MANAJEMEN DIMINTA UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM SITUASI HIPOTESIS DAN DIBERI SKOR BERDASARKAN KINERJA MEREKA. BIASANYA JUGA MENCAKUP TESTING DAN PENGGUNAAN PERMAINAN MANAJEMEN.
TEKNIK SELEKSI LAIN
 POLYGRAF DAN TESTING KEJUJURAN
MESIN POLIGRAF (ATAU PELACAK KEBOHONGAN : LIE DETECTOR) ADALAH SUATU ALAT YANG MENGUKUR PERUBAHAN FISIOLOGIS SEPERTI KERINGAT YANG BERTAMBAH BANYAK.
 GRAFOLOGI (ANALISIS TULISAN TANGAN)
DIDASARKAN PADA ASUMSI BAHWA CIRI-CIRI DASAR PENULIS AKAN DIEKPRESIKAN DALAM TULISAN TANGANNYA.
 PEMERIKSAAN FISIK
 PENYARINGAN PENGGUNAAN OBAT-OBATAN.

Jumat, 09 April 2010

komunikasi bisnis

TUGAS TERSTRUKTUR

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2010, Perusahaan Percetakan “ Juwita” Solo telah memesan berbagai jenis kepada toko kertas ADINDA di Yogyakarta melalui telepon.
Adapun jenis kertas yang dipesan antara lain :
Kertas HVS putih 70 gram sebanyak 250 rim
Kertas HVS warna merah 70 gram sebanyak 250 rim
Kertas HVS warna kuning 70 gram sebanyak 250 rim
Kertas HVS warna biru muda 70 gram sebanyak 250 rim
Kertas HVS warna putih 80 gram sebanyak 150 rim
Kertas CD (kertas koran) sebanyak 100 rim
Kertas NCR sebanyak 100 rim

Setelah pesanan tersebut sampai ternyata terdapat kesalahan yang cukup fatal. Kertas HVS berwarna yang dikirim berkuran 80 gram padahal seharusnya berukuran 70 gram. Disamping itu, jumlah pesanan kertas HVS berwarna juga tidak sebagaimana yang dipesan, seharusnya masing-masing 250 rim, ternyata yang dikirim hanya 245 rim. Selain itu, pengepakan kiriman yang kurang baik telah mengakibatkan 10 rim kertas HVS putih sampai ke tangan pemesan dalam kondisi cacat. Atas dasar informasi tersebut, buatlah surat aduan kepada toko kertas tersebut.

Selasa, 06 April 2010

komunikasi bisnis

PENULISAN DIRECT REQUEST

A. ORGANISASI DIRECT REQUEST
1. Pembukaan
Kemukakan apa permintaan Anda.
2. Penjelasan Rinci
Berikan penjelasan rinci sebagai pendukung alinea pembukaan.
3. Penutup
Kemukakan permintaan terhadap tanggapan khusus.

B. PERMINTAAN INFORMASI RUTIN
Ada 3 pertanyaan dalam membuat surat permintaan rutin, yaitu :
1. Apa yang ingin diketahui
2. Mengapa hal tersebut perlu diketahui
3. Mengapa hal ini dapat membantu
 Permintaan di dalam organisasi
Permintaan dalam organisasi dapat berbentuk lisan dan tertulis, misalnya seperti memo.
 Permintaan ke Luar Organisasi
Surat yang dikirim ke luar organisasi bertujuan untuk : (1) untuk memperoleh berbagai informasi penting seperti informasi produk baru dan katalog-katalog buku terbaru atau menyatakan keinginan berlangganan suatu majalah, (2) untuk memberi tanggapan terhadap iklan yang dipasang di suatu surat kabar.

C. PENULISAN DIRECT REQUEST UNTUK ADUAN
Surat aduan muncul karena adanya ketidakpuasan konsumen.
Isi dari surat aduan dapat berupa :
1. Pengembalian barang yang sudah dibeli dan meminta uang kembali seharga barang tersebut (refund).
2. Meminta pengiriman barang yang baru sesuai pesanan.
3. Penggantian sebagian atau seluruh bagian yang rusak.
4. Perbaikan gratis.
5. Pengurangan harga karena ada produk yang cacat atau rusak.
6. Pembatalan suatu pesanan produk.
7. Pembetulan atas kesalahan penagihan produk.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT SURAT ADUAN
 Jelaskan masalah yang Anda hadapi secara rinci.
 Lampirkan informasi pendukung, seperti faktur pembelian.
 Usahakan nada surat anda tidak marah atau emosional.
 Permintaan tindakan khusus.

manajemen sdm




BAB 3. PERENCANAAN PERSONIL DAN PEREKRUTAN

PERENCANAAN DAN PERAMALAN PEKERJAAN

 PERENCANAAN PEKERJAAN ADALAH PROSES MEMFORMULASI RENCANA-RENCANA UNTUK MENGISI LOWONGAN MASA DEPAN BERDASARKAN PADA SUATU ANALISIS DARI POSISI YANG DIHARAPKAN TERBUKA DAN INI AKAN DIISI OLEH CALON DARI DALAM ATAU DARI LUAR.

LANGKAH-LANGKAH DALAM PROSES PEREKRUTAN DAN SELEKSI (DAPAT DILIHAT PADA GAMBAR DI ATAS) 

FAKTOR-FAKTOR DALAM PERAMALAN KEBUTUHAN PERSONIL
 ANALISIS TREND : TELAAH TENTANG KEBUTUHAN EMPLOYMENT MASA LALU PERUSAHAAN SELAMA SATU PERIODE TAHUN UNTUK MERAMALKAN KEBUTUHAN UNTUK MASA DEPAN.
 ANALISIS RATIO : SEBUAH TEKNIK PERAMALAN UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN STAF DI MASA YANG AKAN DATANG DENGAN MENGGUNAKAN RATIO ANTARA VOLUME PENJUALAN DAN JUMLAH KARYAWAN YANG DIBUTUHKAN.
 PERAMALAN TERKOMPUTERISASI
 PENENTUAN KEBUTUHAN STAF MASA DEPAN DENGAN MEMPERHITUNGKAN PENJUALAN PERUSAHAAN, VOLUME PRODUKSI DAN PERSONIL YANG DITUNTUT UNTUK MEMPERTAHANKAN VOLUME OUTPUT INI, DENGAN MENGGUNAKAN KOMPUTER DAN PAKET PERANGKAT LUNAK.

PERAMALAN PEMASOKAN CALON DALAM (INSIDE)
 INVENTORI KUALIFIKASI
 CATATAN SISTEMATIK MANUAL ATAU TERKOMPUTERISASI YANG MENDAFTARKAN PENDIDIKAN KARYAWAN, MINTA KARIR DAN PENGEMBANGAN, BAHASA, KETERAMPILAN KHUSUS DAN LAIN-LAIN UNTUK DIGUNAKAN DALAM PERAMALAN CALON DARI DALAM UNTUK KEPENTINGAN PROMOSI.
 PETA PENGGANTIAN PERSONIL
CATATAN PERUSAHAAN YANG MEMPERLIHATKAN KINERJA YANG SEKARANG DAN KEMAMPUAN UNTUK DIPROMOSI DARI CALON DALAM KEBANYAKAN POSISI PENTING.


SUMBER INTERNAL CALON
JOB POSTING : PENEMPATAN PENGUMUMAN MENGENAI ADANYA LOWONGAN PADA PAPAN PENGUMUMAN PERUSAHAAN MERUPAKAN SUATU METODE YANG EFEKTIF.

MERAMALKAN PEMASOKAN CALON LUAR
 KONDISI EKONOMI UMUM
 MERAMAL KONDISI EKONOMI UMUM DAN ANGKA PENGANGGURAN UMUM YANG DIPERKIRAKAN.
 KONDISI PASAR TENAGA KERJA LOKAL.
 KONDISI PASAR JABATAN.