Laman

Sabtu, 29 Mei 2010

Komunikasi Bisnis

Format Business Plan (Rencana Bisnis)
Ada 3 bagian utama dari sebuah Perencanaan Bisnis:
1.Yang pertama adalah Konsep Bisnis, yang menjelaskan secara rinci industri yang digeluti, struktur bisnis, produk dan jasa yang ditawarkan dan bagaimana rencana untuk mensukseskan bisnis.
2.Yang kedua adalah market/pasar, yang membahas dan menganalisa konsumen potensial: siapa dan dimana mereka berada, apa yang menyebabkan mereka mau membeli, dan lain-lain. Dalam bagian ini, juga perlu menjelaskan persaingan yang akan dihadapi dan bagaimana memposisikan diri untuk memenangkannya.
3.Yang ketiga adalah Finansial, mencakup estimasi pendapatan dan arus kas, neraca serta rasio keuangan lainnya, seperti analisis break even. Untuk ini mungkin akan memerlukan bantuan seorang akuntan dan program software spreadsheet yang bagus.

Ketiga bagian tersebut dapat dibagi-bagi lebih jauh lagi, menjadi 7 komponen kunci:
1.Executive summary
2.Deskripsi Bisnis
3.Strategi pasar
4.Analisis kompetitif
5.Rencana Desain dan Pengembangan
6.Rencana Operasi dan Manajemen
7.Faktor-faktor keuangan

Panjang pendeknya sebuah BP sangatlah tergantung fungsi perencanaan bisnis itu sendiri. Biasanya BP setebal 15 - 20 halaman.

Jumat, 21 Mei 2010

manajemen SDM

BAB 6. ORIENTASI DAN PELATIHAN

A. MENGORIENTASIKAN KARYAWAN
Orientasi Karyawan adalah sebuah prosedur untuk memberikan karyawan baru informasi latar belakang dasar tentang perusahaan.
Kejutan Kenyataan adalah keadaan yang merupakan akibat dari kesenjangan antara apa yang diharapkan karyawan baru dari jabatan barunya, dan kenyataan yang ada.

B. PROSES PELATIHAN
Pelatihan adalah proses mengajarkan karyawan baru atau yang ada sekarang, keterampilan dasar yang mereka butuhkan untuk menjalankan pekerjaan mereka.

C. ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN
Analisis Tugas adalah suatu telaah yang rinci tentang sebuah pekerjaan untuk mengidentifikasi keterampilan yang dituntut sehingga suatu program pelatihan yang tepat bisa dimulai.
Analisis Kinerja adalah memverifikasi bahwa ada kemerosotan kinerja dan menetapkan apakah kemerosotan itu sebaiknya diperbaiki melalui pelatihan atau melalui sarana lain (seperti pemindahan karyawan).

D. TEKNIK PELATIHAN
Pelatihan di tempat kerja (On the job training :OJT) adalah melatih seseorang untuk mempelajari suatu pekerjaan sambil mengerjakannya.
Pelatihan Instruksi Jabatan (job instruction training : JIT) adalah pendaftaran masing-masing tugas dasar jabatan, bersama dengan titik-titik kunci untuk memberikan pelatihan langkah demi langkah kepada karyawan.

Teknik Audiovisual
a. Pelatihan jarak jauh (teletraining) : seorang pelatih di lokasi sentral melatih kelompok karyawan pada lokasi yang jauh lewat siaran televisi.
b. Konferensi video (video conferencing) : sebuah sarana yang menggabungkan dua atau lebih kelompok yang berjauhan yang menggunakan sebuah kombinasi perlengkapan audio visual.

Pembelajaran Terprogram
yaitu suatu metode sistematik untuk mengajarkan keterampilan yang mencakup penyajian pertanyaan atau fakta, memungkinkan orang itu untuk memberikan tanggapan, dan memberikan peserta belajar umpan balik segera tentang kecermatan jawabannya.

Pelatihan Serambi atau Pelatihan Simulasi
yaitu pelatihan karyawan pada peralatan khusus di luar tempat kerja, seperti pelatihan pilot dalam pesawat, sehingga biaya dan bahaya dapat dikurangi.
Pelatihan Berdasarkan Komputer (Computer Based Training)

Minggu, 16 Mei 2010

komunikasi bisnis

PENULISAN SURAT LAMARAN KERJA

PARAGRAF PEMBUKA
Pada paragraf pembuka, kemukakan maksud lamaran kerja Anda.
a. Rangkuman
pada bagian awal surat lamaran,paparkan kualifikasi yang Anda miliki, yang paling relevan dengan jabatan yang diinginkan dan jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan/memberi manfaat bagi perusahaan.
b. Nama
sebutkan nama seseorang yang sudah dikenal oleh pembaca (yang menawarkan kerja), sebagai orang yang menyarankan Anda melamar pekerjaan.
c. Sumber Publikasi
Sebutkan darimana Anda mendapat informasi tentang adanya lowongan kerja di perusahaan tersebut.
d. Pertanyaan
Gunakan kalimat tanya pada awal paragraf untuk menarik perhatian pembaca, dan untuk menunjukkan bahwa Anda mengetahui problem, kebutuhan dan tujuan organisasi yang bersangkutan.
e. Cuplikan berita
Anda mengutip cuplikan pengumuman/iklan lowongan pekerjaan yang dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

B. PARAGRAF PERTENGAHAN

Pada paragraf pertengahan Andaperlu mengemukakan kualifikasi pekerjaan.
Paragraf pertengahan tidak boleh terlalu panjang, maksimal 3 paragraf.

* Usahakan penjelasan dalam paragraf tersebut benar-benar sangat diminati (interest) dan sangat diharapkan (desire)
* Dalam paragraf pertengahan ini Anda perlu mendiskusikan kualifikasi Anda, yaitu pendidikan, pengalaman, sikap, minat, aktivitas dan kualitas Anda.

C. PARAGRAF PENUTUP
Pada paragraf penutup kemukakan keinginan Anda untuk wawancara.
WAWANCARA KERJA
Dalam wawancara kerja aspek-aspek kepribadian (personality aspects) yang akan dinilai mencakup :
*Penampilan Anda secara fisik.
*Gerak-gerik dan sopan santun.
*Nada suara (tone voice).
*Rasa percaya diri.
*inisiatif.
*kebijaksanaan.
*tanggap dan kerjasama.
*ekspresi wajah.
*kemampuan berkomunikasi.
*sikap terhadap pekerjaan.
*selera humor.

PERSIAPAN WAWANCARA
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan wawancara kerja :
*Datang tepat waktu.
*Bersikap yakin.
*Siapkan sertifikat diploma, dan surat-surat penghargaan.
*Berpakaian yang rapi dan sopan.
*Bersikap tenang.
*Ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara, kecuali kalau ada yang mengantar.
*Tersenyumlah tapi jangan tersenyum terus.
*tunggu sampai Anda dipersilahkan duduk.
*Ingat nama pewawancara dengan benar.
*Tataplah pewawancara jika Anda berbicara.
*Tunjukkan kemampuan diri Anda, namun jangan berlebihan.
*Perhatikan pertanyaan pewawancara dengan baik.
*Bicaralah yang jelas.
*Atur nada suara Anda.
*Tunjukkan minat dan kesungguhan Anda.
*Bersikaplah jujur dan langsung.

KENALI PEKERJAAN DAN PERUSAHAAN YANG ANDA LAMAR MELALUI PUBLIKASI.

B. PERTANYAAN PENTING DALAM WAWANCARA
Berlatihlah menjawab aneka macam pertanyaan yang penting dalam wawancara kerja seperti berikut ini :
*Pekerjaan yang dilamar
*Pendidikan dan pelatihan
*Latar belakang keluarga
*Kepribadian
*Penilaian pribadi Anda
*Tujuan Karir
*Hobi dan lain-lain.

Apabila sebelumnya Anda pernah bekerja, pertanyaan yang muncul adalah sebagai berikut :
*Pimpinan Anda.
*Pekerjaan sebelumnya
*Pergaulan antar sejawat
*Pendelegasian
*Pengambilan keputusan.

SETELAH WAWANCARA BERAKHIR, HAL YANG PERLU ANDA LAKUKAN ADALAH MEMBERIKAN UCAPAN TERIMA KASIH (thank-you letters) KEPADA PEWAWANCARA. USAHAKAN MENULIS SURAT UCAPAN TERIMA KASIH YANG SEDERHANA, SINGKAT DAN JELAS.

Jumat, 14 Mei 2010

manajemen sdm

BAB 5. MEWAWANCARAI CALON
WAWANCARA ADALAH PROSEDUR YANG DIRANCANG UNTUK MENGUMPULKAN INFORMASI DARI TANGGAPAN LISAN SESEORANG TERHADAP PENYELIDIKAN LISAN.

Aspek-aspek kepribadian (personality aspects) yang dinilai dalam wawancara mencakup :
• Penampilan Anda secara fisik
• Gerak-gerik dan sopan santun
• Nada suara (tone voice)
• Rasa percaya diri
• Inisiatif
• Kebijaksanaan
• Tanggap dan kerjasama
• Ekspresi wajah
• Kemampuan berkomunikasi
• Sikap terhadap pekerjaan
• Selera humor


JENIS-JENIS WAWANCARA
 WAWANCARA TIDAK TERARAH
SEBUAH WAWANCARA TAK TERSTRUKTUR DENGAN GAYA PERCAKAPAN. PEWAWANCARA MENGIKUTI POKOK-POKOK MINAT SAAT MUNCUL DALAM TANGGAPAN TERHADAP PERTANYAAN.
 WAWANCARA TERARAH
SEBUAH WAWANCARA YANG MENGIKUTI SEPERANGKAT URUTAN PERTANYAAN.
 WAWANCARA STRESS
SEBUAH WAWANCARA YANG PADANYA PELAMAR DIBUAT JENGKEL DENGAN SERANGKAIAN PERTANYAAN YANG SERING KASAR. TEKNIK INI MEMBANTU MENGIDENTIFIKASI PELAMAR YANG HIPERSENSITIF DAN PELAMAR YANG BERTOLERANSI STRESS YANG TINGGI ATAU RENDAH.
 WAWANCARA PENILAIAN
SEBUAH PEMBAHASAN YANG MENGIKUTI SEBUAH PENILAIAN KINERJA YANG PADANYA PENYELIA DAN KARYAWAN MEMBAHAS PENILAIAN KARYAWAN DAN TINDAKAN PERBAIKAN YANG MUNGKIN.
 WAWANCARA SITUASIONAL
SEPERANGKAT PERTANYAAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN JABATAN YANG BERFOKUS PADA CARA CALON AKAN BERLAKU PADA SITUASI TERTENTU.
 WAWANCARA SERIAL
SEBUAH WAWANCARA DIMANA PELAMAR DIWAWANCARAI SECARA BERURUTAN OLEH BEBERAPA ORANG DAN MASING-MASINGNYA MENILAI PELAMAR BERDASARKAN SEBUAH BENTUK STANDARD.
 WAWANCARA PANEL
SEBUAH WAWANCARA DIMANA SEBUAH KELOMPOK PEWAWANCARA MENANYAI PELAMAR.

KESALAHAN WAWANCARA YANG LAZIM
 PENILAIAN TERGESA-GESA
 TEKANAN YANG NEGATIF
 KURANGNYA PENGETAHUAN TENTANG PEKERJAAN
 KESALAHAN URUTAN (KONTRAS) CALON : SUATU KESALAHAN PENILAIAN PADA PIHAK PEWAWANCARA KARENA MEWAWANCARAI SATU ATAU LEBIH CALON YANG SANGAT BAIK ATAU SANGAT JELEK HANYA SEBELUM WAWANCARA YANG DIBICARAKAN.
 PENGARUH DARI PERILAKU NONVERBAL
 TERLALU BANYAK/TERLALU SEDIKIT BICARA

PEDOMAN MELAKSANAKAN WAWANCARA
1. MERENCANAKAN WAWANCARA
2. BINALAH HUBUNGAN
3. AJUKANLAH PERTANYAAN
4. TUTUPLAH WAWANCARA
5. TINJAULAH WAWANCARA.