Laman

Jumat, 21 Mei 2010

manajemen SDM

BAB 6. ORIENTASI DAN PELATIHAN

A. MENGORIENTASIKAN KARYAWAN
Orientasi Karyawan adalah sebuah prosedur untuk memberikan karyawan baru informasi latar belakang dasar tentang perusahaan.
Kejutan Kenyataan adalah keadaan yang merupakan akibat dari kesenjangan antara apa yang diharapkan karyawan baru dari jabatan barunya, dan kenyataan yang ada.

B. PROSES PELATIHAN
Pelatihan adalah proses mengajarkan karyawan baru atau yang ada sekarang, keterampilan dasar yang mereka butuhkan untuk menjalankan pekerjaan mereka.

C. ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN
Analisis Tugas adalah suatu telaah yang rinci tentang sebuah pekerjaan untuk mengidentifikasi keterampilan yang dituntut sehingga suatu program pelatihan yang tepat bisa dimulai.
Analisis Kinerja adalah memverifikasi bahwa ada kemerosotan kinerja dan menetapkan apakah kemerosotan itu sebaiknya diperbaiki melalui pelatihan atau melalui sarana lain (seperti pemindahan karyawan).

D. TEKNIK PELATIHAN
Pelatihan di tempat kerja (On the job training :OJT) adalah melatih seseorang untuk mempelajari suatu pekerjaan sambil mengerjakannya.
Pelatihan Instruksi Jabatan (job instruction training : JIT) adalah pendaftaran masing-masing tugas dasar jabatan, bersama dengan titik-titik kunci untuk memberikan pelatihan langkah demi langkah kepada karyawan.

Teknik Audiovisual
a. Pelatihan jarak jauh (teletraining) : seorang pelatih di lokasi sentral melatih kelompok karyawan pada lokasi yang jauh lewat siaran televisi.
b. Konferensi video (video conferencing) : sebuah sarana yang menggabungkan dua atau lebih kelompok yang berjauhan yang menggunakan sebuah kombinasi perlengkapan audio visual.

Pembelajaran Terprogram
yaitu suatu metode sistematik untuk mengajarkan keterampilan yang mencakup penyajian pertanyaan atau fakta, memungkinkan orang itu untuk memberikan tanggapan, dan memberikan peserta belajar umpan balik segera tentang kecermatan jawabannya.

Pelatihan Serambi atau Pelatihan Simulasi
yaitu pelatihan karyawan pada peralatan khusus di luar tempat kerja, seperti pelatihan pilot dalam pesawat, sehingga biaya dan bahaya dapat dikurangi.
Pelatihan Berdasarkan Komputer (Computer Based Training)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar