Laman

Minggu, 18 April 2010

komunikasi bisnis

TUGAS TERSTRUKTUR
MATA KULIAH : KOMUNIKASI BISNIS
DOSEN PEMBINA : KUSTIAWATI NINGSIH, SP
DESKRIPSI TUGAS : TUGAS DIKERJAKAN PER ORANG DAN DIBUAT MAKALAH

1. USROTUL AZIZAH
Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya Anda tak dapat lepas dari proses komunikasi. Ambillah salah satu bentuk komunikasi yang pernah Anda alami, dan lakukan identifikasi mulai dari identifikasi pengirim dan penyampai pesan, saluran komunikasi yang digunakan, penerima pesan, umpan balik (feedback). Disamping itu, identifikasikan juga berbagai hambatan atau gangguan yang muncul dalam komunikasi tersebut.
2. NUR AINI
Dalam suatu percakapan dengan lima orang. Coba perhatikan jenis feedback yang Anda terima dari kelima orang teman Anda. Apakah metode yang mereka gunakan berbeda antara yang satu dengan yang lain? Apakah feedback yang Anda terima dari mereka berpengaruh terhadap jalannya komunikasi tersebut?apakah ada sesuatu yang bermanfaat bagi Anda?
3. ROIDATUL FARIZ
Dalam pergaulan sehari-hari, ada yang berpendapat bahwa komunikasi dengan sesama jenis akan berjalan lebih lancar bila dibandingkan dengan lawan jenis, namun ada juga yang berpendapat komunikasi dengan lawan jenis akan lebih hidup daripada dengan sesama jenis. Bagaimana menurut pendapat Anda, jelaskan!
4. JAUHARAH
Coba Anda pikirkan bila seandainya Anda memiliki beberapa macam kelompok yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Apa peran komunikasi dalam menetapkan keanggotaan untuk masing-masing kelompok tersebut?
5. DONA ANDRI YANTO
Menurut Anda, mana yang lebih penting komunikasi dari atas ke bawah atau komunikasi dari bawah ke atas? Jelaskan alasan Anda!
6. BAIDHAWI
Apabila Anda adalah seorang manajer suatu perusahaan, apa tindakan yang akan Anda lakukan jika Anda menemukan bahwa karyawan Anda yang lebih banyak membicarakan hal-hal di luar tugas ketimbang melakukan tugas-tugas utamanya pada jam-jam kerja?
7. ELLY SUFIYATI
Beberapa tahun yang silam di kota Pamekasan pernah beredar isu bakso yang mengandung boraks sebagai salah satu bahan dasarnya. Hal tersebut sempat membuat resah kalangan konsumen bakso maupun para penjual bakso yang merasa bakso yang dihasilkannya tidak menggunakan boraks. Untuk mengatasi krisis yang terjadi tersebut, komunikasi menjadi sangat penting artinya. Seandainya Anda adalah penjual bakso yang tidak menggunakan boraks, langkah-langkah apa yang akan Anda ambil untuk mengatasi krisis tersebut?jelaskan!
8. SADINEM
Berita tentang terjadinya makanan dan minuman kadaluarsa di suatu daerah beberapa tahun yang lalu sempat menimbulkan keresahan masyarakat di tanah air tercinta ini. Korban dari makanan dan minuman kadularsa ini banyak bermunculan, seperti terjadinya korban yang banyak masuk rumah sakit. Begitu pula halnya kerugian material perusahaan karena berita tersebut membawa dampak yang luar biasa terhadap produk-produk makanan dan minuman berbagai merek di tanah air. Volume penjualan makanan dan minuman dari hari ke hari mengalami penurunan yang cukup drastis. Nah, seandainya Anda adalah pemilik perusahaan makanan dan minuman yang bermasalah tersebut, apa yang perlu Anda lakukan untuk meredam gejolak masyarakat?
9. BADRUD TAMAM
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat untuk meminta keterangan apakah bulan depan akan digelar pesta diskon untuk produk-produk elektronik”

10. ABD. JAMIL
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat dari seorang alumni Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis Universitas Islam Madura Pamekasan ”
11. MOH. MOLYADI
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat Pemberitahuan kepada salah seorang pemenang sayembara berhadiah sebagai mobil mewah ”
12. IMAM MUHLIS
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat penolakan yang ditujukan untuk salah seorang pelamar kerja di suatu perusahaan”
13. JAZULI
Perusahaan yang bergerak di bidang usaha makanan ringan seperti snack dan sejenisnya akhir-akhir ini cukup menjamur di pasar. Berbagai macam merk dan jenis produk snack beredar di toko-toko eceran, yang sebagian konsumennya adalah anak-anak sekolah dasar. Namun, sangat disayangkan kebanyakan makanan ringan tersebut kurang mengindahkan faktor kesehatan si anak, terutama terlihat dalam penggunaan zat-zat pewarna atau pemanis tiruan yang berlebihan. Melihat hal tersebut, para orang tua merasa cemas dan mencoba membuat surat pengaduan kepada perusahaan yang memproduksi jenis makanan tersebut. Namun surat pengaduan mereka ternyata tidak memperoleh tanggapan dari pihak perusahaan. Menurut Anda, mengapa surat pengaduan tersebut tidak memperoleh tanggapan dari pihak perusahaan?



14. FEBRIADI
Identifikasikan kasus di bawah ini apakah sebaiknya menggunakan pendekatan langsung atau pendekatan tak langsung, dan berikan alasannya! “Surat pemberitahuan berita musibah tenggelamnya kapal Fery Jokotole kepada para sanak saudara”
15. SUBAIDI
Seorang konsumen mengirim surat permintaan informasi kepada suatu perusahaan. Ia sangat tertarik terhadap suatu produk yang baru saja diiklankan dalam sebuah majalah ternama di ibukota. Dalam menjawab atau balasan surat permintaan informasi tersebut, lebih tepat dalam bentuk surat atau lisan (personal) ?mengapa?
16. MOH. SYAFI’
Seorang alumni suatu perguruan tinggi ingin melamar suatu pekerjaan. Salah satu persyaratannya adalah surat rekomendasi paling tidak 3 buah. Ia memiliki kemampuan akademis maupun keterampilan berorganisasi yang pas-pasan, dalam arti tidak terlalu menonjol. Ia satu-satunya anak yang sangat diharapkan oleh keluarganya untuk menjadi tulang punggung keluarga, setelah ayahnya tiada. Sebagai seorang yang diminta memberikan surat rekomendasi, apa yang dapat Anda lakukan terhadap kasus tersebut?
17. A. FAUZI
Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 10 Januari 2010, Roni sebagai pelanggan setia Raganata Store memesan Jaket kepada Raganata Sore melalui telepon. Adapun jenis jaket yang dipesan adalah jaket kulit warna hitam dengan ukuran L. Setelah pesanan tersebut sampai ternyata terdapat kesalahan yang cukup fatal. Jaket kulit yang dipesan adalah jaket kulit warna hitam, namun ternyata setelah pesanan tersebut tiba, jaketnya warna coklat. Disamping itu, ukuran jaket yang dipesan juga tidak sebagaimana yang dipesan, seharusnya ukuran L, ternyata yang dikirim ukuran M. Atas dasar informasi tersebut, buatlah surat aduan kepada Raganata Store tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar